Dunia dalam Asa, bukan Dunia dalam Berita

…….Selalu ada Asa, Rasa, dan Cita……..

Jalan Irian Barat, Nongkrongnya Maniak Ikan Surabaya

with 24 comments

SIAPA yang tak suka melihat panorama buatan yang disajikan akuarium? kotak yang sering kali terbuat dari kaca itu selalu dapat menenangkan dengan liukan ikan hias dan indahnya tatanan landscape didalamnya. Akuarium seakan membuat kita sejuk dan memberi ruang untuk sedikit menghindar dari kepenatan. Di Surabaya ada satu tempat yang menjual segala sesuatu untuk mewujudkan keindahan itu. Dan tempat itu berbentuk pasar jalanan.

Suasana Jalan Irian Barat di Malam Minggu

Hampir semua kota besar punya pasar satwa semacam ini yang bisa memanjakan para hobiis. Jika di Surabaya jalan Irian Barat lah tempat untuk hobiis ikan hias. Lokasi jalan Irian Barat dekat dengan pusat kota dan berdekatan dengan pasar tradisional Keputran.

Selain sebagai pasar ikan hias, bagi masyarakat Surabaya, kawasan ini juga dikenal sebagai kawasan palang merah (wee lampu merah ouy). Itu karena disini juga tempat kaum waria mangkal mencari pasangan di malam hari. Eitss, tapi jangan takut. Kalau berniat datang mencari ikan hias, anda bisa datang ke pasar ini malam minggu atau malam kamis (sabtu malam / rabu malam), karena memang itulah jadwal buka pasar ini. “Jadi jangan salah jadwal men, bisa salah tingkah ente.”

Pasar ini berada sepanjang jalan Irian Barat yang bersebelahan dengan kali Mas (bener gak?). Disini kamu bisa mendapati segala jenis ikan hias dari ikan air tawar sampai air laut. Lalu juga bisa mendapati perlengkapan penunjang kehidupannya seperti filter, aerator dan lain sebagainya. Komplitlah.

berbagai jenis ikan hias bisa didapati di pasar ini

mulai dari kapas filter, filter, aerator, heater sampai benda aneh khusus untuk sang ikan ada!

Tenang saja, di pasar ini harga relatif terjangkau dan yang terpenting disini masih berlaku aturan ngenyang (menawar). Mulai dari ikan serba limaribu sampai ikan serba juta ada! Mulai dari ikan kelas dasar sungai; sapu-sapu, sampai ikan kelas hotel berbintang; arwana ada!

Gak usah kuatir dengan kocek tipis, kalau ada niat mulia memelihara ikan dengan kasih sayang dan ikhlas pasti kamu akan dapat bawa pulang ikan kerumah.🙂

hebatz, ada paket serba limaribu!

yang ini ikan Koi, agak mahal lah ya! (cantik-cantik ya ikannya?!)

Pasar ini tidak hanya untuk hobiis yang berniat belanja, bagi yang niatnya cuma jalan-jalan sama kekasih atau keluarga juga sah-sah aja kok. Bisa dibilang selain tempat belanja ikan hias yang kumplit juga sebagai sarana rekreasi yang murah meriah. Lihat saja jika malam minggu tiba. arek Suroboyo banyak juga yang menghabiskan waktu hanya untuk jalan-jalan di sini.

jadi tempat asyik untuk jalan bareng teman, pacar, istri, suami juga anak! (mbak yang kujepret cakep lho)

Ikan yang dijual juga banyak dalam bentuk grosir, istilahnya disini satu kantong berisi beberapa ikan sejenis. Ya, memang pasar binaan dinas perikanan provinsi Jatim ini juga menjadi jujugan para penjual ikan hias di se-antero Surabaya. Pedagang yang berjualan disini juga banyak yang berasal dari luarkota, Blitar, Tulungagung dan kota peternak ikan lainnya.

salah satu pedagang ikan Arwana dan Oscar menawarkan dagangannya pada calon pembeli.
“wuihh ikan apa tuh dalam bak?” (jawaban; lele)

Hehehe, postingan ini terselenggara karena sejak SMP saya sudah menyandang gelar maniak ikan hias. Sekarang memang agak menurun perhatian saya terhadap ikan hias. Habis, ada yang lebih cantik dan asyik men. argghhhhh! lagi pula semakin hari saya semakin minder dengan ikan-ikan itu, lah yang pelihara mereka sendiri gak bisa berenang. Gawat kalau mereka tahu!

Tips memelihara ikan;
1. Jangan jadikan hobi ini pelarian sesaat. hanya karena, “eh lucu ikannya, warnanya bagus, beli ah.” seminggu kemudian pernyataan itu terlontar lagi, “eh lucu ikannya, warnanya bagus, beli ah.” wahh nambah ya koleksi ikannya? “gak juga mas, yang minggu kemarin mati gak tau napa.”.. biadabbbb!!!!

2.
Sesuaikan kemampuanmu dalam merawat makhluk hidup sebelum memutuskan mengadopsi ikan. jangan sampai orang malas bersihkan akuarium dan gak telaten kasih makan dengan gampangnya bilang “saya tuan dari ikan koi ini, semasa dia (koi, red) hidup,”. mending orang semacam itu disarankan pelihara ikan sapu-sapu di bak kamar mandi.

3. Sesuaikan kantong dan penghasilanmu sebelum memilih ikan mana yang akan kamu urus. Nah, ini penting agar sang buah hati tidak terlantar dan menjadi kaum prihatin. bayangkan kalau pelihara ikan arowana tapi gak mampu beli atau cari kodok/ikan kecil/jangkrik dll. bisa-bisa tuh ikan diajak puasa juga dan hanya berbuka dengan cecak, klo nemu dirumah. (cecak tidak baik buat sisik ikan).

4. Akuarium atau kolam tempat ikan harus disesuaikan dengan si ikan yang akan menjadi tuan rumah. Jangan asal beli ikan sehingga akuarium ukuran 50X40X30 jadi over populasi. pandai-pandai memilih juga ikan mana yang cocok di akuarium dan mana yang cocok di kolam.

5. Jangan asal percaya dengan si penjual. biasa pemula nanya begini, “pak, yang ini bisa tidak kumpul dengan ikan ini,” biasanya penjual bahkan belum pernah memelihara ikan itu dalam waktu lama dan memperhatikan sifatnya, biasa mereka hanya tangan kedua. lebih baik kamu browsing di internet dan tanya ke yang sudah ahli. klo mau mix jenis ikan di satu akuarium harus hati-hati. ndak semua ikan jenis cocok hidup berdampingan dengan yang lain.

6. Perhatikan juga perlengkapan pendukung. Syarat wajib makhluk hidup dapat survive adalah oksigen. jadi buatlah sirkulasi air dengan filter dan beri pasokan oksigen dengan aerator. harga sekarang udah murah-murah kok (banyak produk china).

7. konsisten dan ikhlas dalam memelihara. Mereka (ikan-ikan, red) niscaya akan memberikanmu balasan dengan lincah gerak dan kilau warna indahnya.

Written by Johan Asa

25 September 2007 pada 1:55 pm

Ditulis dalam hobby, walking around

24 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. yup…setuju ma Johan…aku pernah lewat sana malem bgt, gila lautan manusia men…
    ikannya lucu2, ada binatang aneh2 juga, sempet geli juga waktu lewat
    tapi jo…kok di fotomu lengang banget sih…?
    aku aja dulu sampe kehilangan jejak teman2ku

    ninda nur

    25 September 2007 at 6:53 pm

  2. nynda!😀 oww lenggang karena aku kesananya malam banget. jam 11 malam sudah mulai terjadi penurunan pengunjung. puncaknya biasanya jam 9 – 10.00 malam. hehehe susah dapet parkir klo jam segitu.

    Johan Asa Agusta

    26 September 2007 at 10:02 am

  3. Tipu….!!!Tipsnya teori doang!!!aku lho tau nasib ikan2mu..Join!!Andai mereka bisa ngomong..pasti mereka ngomel panjang pendek!lha wong tuannya ga peri kemanusiaan.Coba inget kapan terakhir kali kamu nguras kolam en akuariummu?? anak asuhmu aja (Turbo dkk)milih minggat dari kolamnya kann???

    roorievidya

    21 November 2007 at 6:18 pm

  4. aku seneng banget jalan jalan kesitu.
    cuman buat sekedar ngelus elus kucing yang dijuwal tanpa ada minat beli *sebenernya sih minat, hrganya yang ga manusiawi😀 *

    chiw

    1 Agustus 2008 at 8:08 pm

  5. pengen bikin music atau lagu dewe kunjungi kami di brixsmusic.blogspot.com

    brixs

    25 Agustus 2008 at 11:31 am

  6. wa si blom pigi liat tu tmptnya gimana….. soalnya w orang medan…
    saya mau tanya…
    skrg seekor golden red yg bayi ukrn 10cm brp dsn?
    mana tau medan murah or sana murah…
    w entar pigi sana beri lo….
    soalnya saya pencinta jenis ikan arwarna

    alex

    27 November 2008 at 4:58 pm

  7. jadi kepingin mampir nih Jo.
    apalagi mau beli kura2….

    jiwamalam

    28 Januari 2009 at 11:08 am

  8. irian barat memang gak ada matinya. one stop pet shopping..

    Johan Asa

    22 Februari 2009 at 1:14 am

  9. eh kira2 d irba ada yg juan cupang DT wrna emas gak ya..trz hrgax skitar brp tuh??
    thnx..

    phy

    23 Juni 2010 at 9:06 pm

    • sekITAR 20.000 TP IRBA UD PINDAH DI PRAPEN

      AGONG

      30 Agustus 2010 pada 10:28 pm

      AGONG

      30 Agustus 2010 at 10:32 pm

      • di mna itu apakah d sidoarjo

        dila

        29 Januari 2012 at 10:59 am

  10. Pengumuman pasar ikan hias irian barat pindah ke jl.Prapen (sebelom indogrosir) stopan nginden arah jemur langsung putar balik , jam jual nya sama kyak dlu Rabu malam kamis & SABTU MALAM MINGGU

    AGONG

    30 Agustus 2010 at 10:26 pm

    • trima kasih infonya teman. aku ketinggalan info. kemaren aku sempat nyari koi di stand baru gunung sari tapi pedagang biasanya yang jualan di irba ga da. oke besok aku coba hunting ke prapen. semoga koi-koi nya masih ada… thx all. salam kenal

      jafar

      14 September 2010 at 11:54 am

  11. SKITAR 20.000 TP IRBA UD PINDAH DI PRAPEN

    AGONG

    30 Agustus 2010 at 10:28 pm

    • Tapi ada yg bilang Pasar Ikan IrBar di pindah dan dipecah jd 2…

      Yaitu di Pasar Hewan Bratang dan Pasar Ikan Gunung Sari…

      BeRoZ

      11 September 2010 at 7:47 pm

      • trima kasih infonya teman. aku ketinggalan info. kemaren aku sempat nyari koi di stand baru gunung sari tapi pedagang biasanya yang jualan di irba ga da. oke besok aku coba hunting ke prapen. semoga koi-koi nya masih ada… thx all. salam kenal

        jafar

        14 September 2010 at 11:53 am

  12. pasar bratang itu jl. apaha bos?
    tempatnya deket mn?

    roy

    5 November 2010 at 2:21 pm

  13. bozz..
    kalo cari katak atau kodok itu di surabaya cari dimana,….

    ruery

    17 Desember 2011 at 12:02 am

  14. gtw wek wek

    dila

    29 Januari 2012 at 11:01 am

    • tp skarank kok udah g da ya
      kan syanj2 banget

      frizal Lspentisa

      21 Mei 2012 at 11:01 am

  15. Howdy! Someone in my Myspace group shared this website with us so I
    came to look it over. I’m definitely enjoying the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to
    my followers! Superb blog and terrific design and style.

    Natural IBS Cure

    17 Mei 2013 at 9:10 pm

  16. My spouse and I stumbled over here from a different web address and thought I might
    check things out. I like what I see so now i am following you.

    Look forward to checking out your web page repeatedly.

  17. Whats up this is somewhat of off topic but I was wondering if blogs
    use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.
    I’m starting a blog soon but have no coding skills so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

    Florence

    22 Juli 2013 at 8:25 am

  18. Kami Jual Kembang Goyang, Kue Kering Lebaran, Kacang Godhong Jeruk dan Madumongso. Yuk Kunjungi Website Kami

    jualkembanggoyang

    2 September 2016 at 7:56 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: