Dunia dalam Asa, bukan Dunia dalam Berita

…….Selalu ada Asa, Rasa, dan Cita……..

Keluarga Kedua, [hopefully] Para Calon Engineer Multi Talent

with 14 comments

Oke, marilah kali ini saya memperkenalkan keluarga kedua saya. Setelah sesi lebaran lalu saya kenalkan kericuhan di keluarga pertama saya yang tak lain keluarga kandung saya. Keluarga kedua saya ada di kampus. Keluarga kedua saya adalah redaksi ITS Online yang bermarkas di lantai 6 Perpustakaan ITS.

Oke-oke mari langsung saya kenalin satu satu kode jurnalis kami,

ki-ka (atas:) st (junior reporter), nrf (junior reporter), tyz (junior reporter), az (junior reporter), asa (akuuu iki rek), han (kooordinator liputan)------ki-ka (bawah) : ap (redaktur), fn (junior reporter), mtb (senior reporter), yud (junior reporter), bah (junior reporter), fay (redaktur)"

Mungkin bagi yang membaca posting saya ini ada yang beranggapan, “Wuiik mas iki postingnya selalu lebay poll, narsis bin narji dkk.” Hehehe, ya memang. Biarin ahh memang kebelet nampilin foto.😛 Oke lanjut saja. Begini, redaksi ITS Online udah seperti keluarga saya. Maklum, sudah terhitung empat tahun saya bergabung dengan ITS Online, semenjak kuliah di D3 sampai melanjutkan di S1. Mulai dari Junior Reporter sampai dengan wakil Pimpinan redaksi. Kru ITS Online udah kayak sodara. Tapi gak menutup kemungkinan ada yang incest ya rek. wekekekekekek.

Akan saya jelaskan mengenai apa itu ITS Online. JAdi, ITS Online merupakan media kehumasan institusi kampus ITS. Dengan konsep media online yang update setiap saat, media ini menawarkan beragam berita dan info bagi sivitas, alumni dan masyarakat umum. ITS Online mempunyai misi antara lain untuk menjalin komunikasi antar civitas akademika dan masyarakat, membangun kerjasama dengan industri, alumni dan instasi terkait, membentuk opini publik tentunya tentang kampus ITS dan sebagai media informasi OnLine yang aktual, faktual dan terpercaya.

Keberadaan ITS Online sendiri sudah cukup lama. Dan bisa dikatakan sebagai pelopor media kampus online yang dinamis (update). Sebelumnya kampus-kampus lainnya belum begitu memperhatikan sisi news content pada website resmi mereka. Hehehehe, meski ranking webometric ITS kalah, tapi klo bersaing dengan updating berita saya yakin kami jagonya. :p Webometric memang tidak hanya menilai news content melainkan juga sharing e-learning, desain layout halaman dan beberapa kriteria penilaian lain.

Meski porsi updating news kecil dalam penilaian webometric, tapi keberadaan ITS Online menurut saya tetap tidak bisa disepelekan dan tergantikan. Selama ini peran ITS Online sangat besar dalam menumbuhkan imej mengenai kampus ITS di luar. Baik nasional maupun internasional. Liputan-liputan mengenai prestasi sivitas rajin kami kirimkan sebagai rilis ke media-media lain, sehingga terjalin media partner yang luas untuk ITS. Kami telah menerapkan media relation dengan cukup baik. Media lalu mulai akrab dengan kampus berbasis teknik ini, bahkan ketagihan menyambangi kampus ini untuk liputan. Ditambah dengan kepedulian pimpinan ITS terhadap media sehingga membuat keberadaan ITS semakin hari semakin bersinar.

Begitu pula liputan mengenai dinamika kampus dan geliat kegiatannya sehari hari selalu dengan awas kami pantau dan laporkan. Itu semua untuk memenuhi kehausan informasi sivitas akademika dan Alumni. Ya, terutama alumni. Sering kami menerima email tanggapan atas segala aktifitas yang tejadi di kampus. Tampaknya segi content news yang kami kerjakan telah menjembatani kekangenan mereka dengan almamaternya.

Membuat peluang kerjasama yang menguntungkan sivitas juga dapat kami lakukan. Semisal, saat sekelompok mahasiswa brillian ingin mengikuti perlombaan internasional tapi terkendala biaya. Kami lalu segera melakukan peliputan untuk membantu mereka menggalang sponsor. Industri yang menjalin kerjasama beasiswa maupun melakukan rekruitmen terhadap lulusan pun tak jarang menjadi tahu keberadaan kampus ini dari website ini.

Terdiri dari anak muda. ITS Online sepenuhnya terdiri dari mahasiswa ITS. Bekerja sebagai garda depan media kehumasan institusi dibawah naungan rektor. Selain media online, kru ITS Online juga mengerjakan majalah kehumasan ITSPoint. Bisa dibilang apa yang ITS Online terapkan selama ini cukup profesional. Aturan redaksi dan segala sistem keredaksian lainnya telah tertata.

Di redaksi ini tak ada istilah jurnalistik mengganggu kuliah. Tak ada istilahnya kerja sampingan ganggu Indeks Prestasi. Kami punya aturan main tentang semua itu. Contohnya saja aturan deadline, meski media online kami mengadopsi aturan deadline dari media cetak pagi. Deadline media cetak pagi adalah sekitar pukul 19.00 – 20.00. Berbeda dengan media online tulen yang deadline nya sangat dekat dengan waktu kejadian liputan. Makanya, kami terapkan aturan deadline media cetak harian pada ITS Online untuk menyesuaikan dengan kru yang mahasiswa. FYI, kru kami banyak yang berprestasi lohh. Finalis lomba kreativitas di Pimnas, Mahasiswa berprestasi, MTQ, juara menulis se Asean, juara menulis lokal, pemegang beasiswa prestasi, beasiswa aktivis dsb. Jadi intinya kru saya multitalent semuah (kayaknya cuma saya yang gak punya prestasi..)

oiya, mengenai bentuk dan gaya penulisan di ITS Online tak kalah dengan reporter-reporter media lainnya. Kami juga memegang apa itu kaidah penulisan jurnalistik dan kode etik jurnalistik. Sebagian besar dari kami bahkan telah mencicipi kerja sesungguhnya sebagai wartawan media harian nasional, dalam program magang. Saya sendiri pernah magang di Jawapos, trims JP Metropolis atas pengalamannya.

Jika dibilang kru kami mahasiswa teknik yang calon Engineer memang benar. Tapi di suatu waktu, saat kami menunaikan tugas keredaksian kami terlihat sebagai seorang jurnalis juga benar. ITS Online bukan tempatnya mahasiswa salah jurusan. Tapi tempatnya calon Engineer multi talent. ITS Online sudah menjadi keluarga kedua saya. Sebagian karakter saya, saya akui tertempa saat bekerja di redaksi ini. Terimakasih ITS.

Bahkan dari ITS Online saya mempunyai mimpi suatu saat saya [kalau udah kaya] harus memiliki sebuah media grup disamping sebuah perusahaan engineering based seperti bidang saya saat kuliah Teknik sipil. [Ahahahaha mimpilah yang banyak nak selama itu gratis!]

at last… mejengin foto lagi ahh..

Crew ITS Online

Crew ITS Online

[ update ]

Kalau belum puas kenalan dengan anggota keluarga saya yang ini.. monggo di cek postingan mereka yang lebih muda dan gila berikut:

Lantai Enam Menggila versi mtb

Keluarga Kecil Lantai Enam versi ap

Written by Johan Asa

25 Oktober 2008 pada 10:43 pm

Ditulis dalam journalism, prensip

14 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. foto di rooftop ITS?

    Wina Dahlan

    27 Oktober 2008 at 6:47 am

  2. huhuhu sipsip, aku belom ngelink blogmu mas, ntar yaaa tak link dolo gan! hehehe

    karena ini posting bagus maka tak segan saya kasih anda:
    CENDOL IJOOOO….
    hahaha
    (perasaan mirip forum sebelah…)

    aklam

    28 Oktober 2008 at 6:07 am

  3. akhirnya……
    dari sebuah keluarga memang akan muncul banyak cerita.
    ditunggu yang lainnya

    zayn zesha

    28 Oktober 2008 at 6:57 am

  4. Whohoho…ternyata keluarga qt lagi genjar”nya ngeblog tentang keluarga kedua…..
    jadi tertarik bwt nulis juga…
    Semoga keluarga nan kecil ini tetap awet nya

    st

    28 Oktober 2008 at 12:48 pm

  5. siip….
    engineer multitalenta…
    koq sama kyk desainer multitalentanya lantai 6

    fajjar

    29 Oktober 2008 at 8:18 am

  6. aku senengs foto yg trakhir mas!

    ….soale ketok paling tinggi di antara cewek2 lain ehehehe

    tyzha

    30 Oktober 2008 at 7:51 pm

  7. Kok selalu sendakep? kedinginan?😛

    OutOfTheMind

    1 November 2008 at 10:24 pm

  8. @wina
    he eh roof top ITS. Perpustakaan Pusat.

    @aklam
    cek kulkasnya juga bosss.. ahahaha forum sebelah bgt!

    @zayn
    he eh..

    @st
    nulis aja. itu sudah kewajiban reporter.😀

    @fajjar
    enjiner lho bukan desainer multi talent yang telat ngumpulin UTS take home. *sambil lirik aklam

    @tyz
    bukannya kamu seneng karene sebelahan sama aku? hehehe

    @outofthemnind
    ben ketok bos ae.. hahahaha

    Johan Asa

    2 November 2008 at 3:55 am

  9. kayaknya cuma saya yang gak punya prestasi..

    itulah mengapa aku mengakuimu sebagai seorang kakak.
    kau jujur tiada tara!

    Mrs. Fortynine

    2 November 2008 at 9:50 pm

  10. wah, banyak juga ya yg ngerasain hal yg sama..
    semoga dah, kawan, rekan kerja bisa jadi family kedua kita..
    amien~~

    berlygrunge

    4 November 2008 at 2:46 am

  11. Perasaan orang IT gak ada yang NARSIS deh, ini kok….. hehehehehehehe

    indra1082

    4 November 2008 at 2:14 pm

  12. @indra
    dia itu bukan orang IT… tapi orang bangunan:mrgreen:

    chiw

    4 November 2008 at 2:37 pm

  13. mantap banget krunya hebat2…
    yah semoga ITS Online terus berjaya..
    btw kalo libur diupdate juga dong beritanya..
    trus berita2 di jurusan2 itu kadang banyak juga lho bagus2😀

    aRuL

    5 November 2008 at 1:18 am

  14. blog ke-4 yang membahas keluarga kecil ITS Online.
    Nah lo.. paling tua kah mas Jo????
    Heheheee
    akhirnya nemu blognya mas Jo dari adek tercinta yang lagi keracunan Mangrove, kasitau tuh adeknya… Masih banyak wanita di FMIPA yang lebih berguna daripada mangrove…
    ( Mas Jo, makasi sudah bagi2 ilmu ke kita, Meerrrrddeekkkaaa…….)

    lutfiana

    7 November 2008 at 8:42 pm


Tinggalkan Balasan

